Sunday, February 8, 2009

This is Slamet Man

Ada orang beranggapan bahwa Slamet Man adalah sebuah Band Rock karena lagu2 seperti "Jogja Undercover" , "Pasar Kembang", atau "This is Slamet Man". Ada yang menganggap Slamet Man adalah sebuah Band Hip-Hop karena musiknya Rap. Ada yang mengatakan bahwa Slamet Man adalah Band Pop (Hip-Pop) karena lagu-lagunya yang komersil. Hal tersebut tidak usah dipertentangkan, karena semuanya tadi tidak salah dan tidak benar2 benar.

Hohok Slamet Man berusaha mempelajari kehidupan dengan menganalisis gejala-gejala sosial yang terjadi dalam masyarakat dan menemukan unsur-unsur sosiokultural masyarakat Indonesia (khususnya masyarakat Jawa), dan kemudian berusaha menyerap nilai-nilai sosiokultural tersebut sebagai pesan tersirat dalam lirik-lirik lagu yang diciptakannya, kemudian dikawinkan dengan beragam jenis musik. Apa jenis musiknya? itu tidak masalah. Karena menurut Hohok Slamet Man, " setiap musik itu sama, dan setiap orang bebas menyampaikan pengalaman batinnya sesuai dengan jalan dan selera yang mereka suka. Selama tujuannya jelas dan didasari dengan nilai-nilai moral yang baik, maka setiap jenis musik tersebut mempunyai kualitas".

Adalah salah satu judul lagu Slamet Man dalam album the Ajojing " This is Slamet Man", yang berisikan idealisme semu menuju Slamet Man untuk menawarkan sebuah konsep yang tidak hanya terbatas dalam suatu karya tetapi juga akan mengaplikasikan dan menjaga sisi orientalitas sebuah musik melalui pendekatan budaya dan bahasa. Mengapa lagu "This is Slamet Man" yang mempunyai tujuan seperti di atas dikemas dalam musik dengan beat cepat dan kental distorsi? Mengapa tidak ada kata2 yang berkenaan dengan budaya dan bahasa sesuai dengan misinya? Tidakkah akan terasa lebih halus dan mengena jika musiknya juga menggunakan musik Jawa?? Itu semua terserah saya, karena pada waktu itu "mood" saya untuk membuat musik Rock..ha ha ha. Kalau orang2 dapat menerima..syukur alhamdulillah. Tetapi jika ada orang yang tidak dapat menerima, itu juga tidaklah menjadi suatu masalah.. Karena "jujur dalam bermusik" itu memang mahal untuk saya. Dan atas dasar itulah saya bekerja sama dengan teman2 Slamet Man untuk menciptakan musik Slamet Man. Jadi jika ada band2 indie atau band2 papan atas di dunia yang senang "menjiplak", terlebih hanya semata-mata supaya laku di pasar, it's not my problems.. tapi Go to Held!!!

Slamet Man Live Performance

*)Hohok Slamet Man

1 comment:

Unknown said...

.
==============================

======= wow lum ada komen hehehe =======

==============================