Thursday, February 5, 2009

JOGJA UNDER COVER

Hadiah untuk Jogja

Slamet Man tengah selesai menggarap video klip Jogja Undercover yang sudah dirilis tahun 2008. Jogja Undercover adalah salah satu lagu Slamet Man ciptaan Hohok Slamet Man yang menggambarkan hitam dan putih Jogjakarta apa adanya. Terdapat kolaborasi antara musik modern dan tradisional musik Jawa. Lagu Jogja Undercover melibatkan tokoh Jawa antara lain; sinden papan atas "Anik Sunyahni" dan seorang dalang "Ki Heru Alit". "Udan salah mangsa" dalam bahasa Jawa berarti "hujan salah musim" ini memiliki makna yang luas sekali dan maknanya sangat tepat untuk menggambarkan situasi yang terjadi di negara kita sekarang. Pemberontakan atas keprihatinan dan ketidaksetujuan yang ditulis secara halus dalam sebuah lirik lagu Jogja Undercover, sebagai warga negara yang baik yang patuh pada hukum, tapi tak kuasa pada system dan penjajahan (digambarkan dengan kerusakan budaya dan alat2 kebudayaan).
Video klip Jogja Undercover menggunakan tokoh wayang Gatotkaca yang diberi tugas oleh Batara Narada untuk melihat kondisi terkini kota Jogjakarta seiring maraknya Kriminalitas dan Amoralitas yang terjadi di kota tersebut. Tokoh Gatotkaca itu pun diperankan oleh seorang bule dari negara Slovakia "Juraj Sedlak". Mengapa Gatotkaca yang sebagai lambang satria rakyat Jawa tidak diperankan oleh orang Jawa??? itu hanya sebuah simbol atau gambaran, dan bukanlah bermaksud sebuah penghinaan. Karena pada kenyataannya banyak kebudayaan Jawa yang telah banyak tercuri oleh orang2 asing, dan lebih disayangkan lagi tanpa disadari bahwa orang2 Jawa sendiri yang melakukan itu.
Slamet Man berharap video klip Jogja Undercover ini dapat membuka semua mata untuk lebih mencintai budaya dan alat2 budaya. Dan semoga akan menjadi hadiah nyata untuk Jogja.

4 comments:

ugetuget said...

oke juga video clipnya bro....aku sebagai warga jogja ikut bangga......SLAMET MAN maju terus yo dab........

R said...

gue malah baru denger lagunya. siipp..kereenn...kereenn bro...

belum liat video klipnya sie, tp its okey. sbnrnya gue ga suka nembang2 gitu, tp ni lagu kereen abiss pokoknya and buat gue happy.

vian said...

kerennn..tingkatkan terus kreativitasnya....

Unknown said...

hehe apik tenan,,,mantab
http://rulink.blogspot.com